Sabtu, 02 Juli 2011

Bernyanyi bagi Balita


Anak-anak umumnya sangat suka bernyanyi dan mendengarkan musik. Sejak bayi mereka punya kecenderungan ikut bergoyang atau setidaknya menunjukkan minat yang besar pada lagu-lagu. Icha misalnya, sejak umurnya 6 bulan dan bisa duduk, dia pasti bergoyang-goyang mendengar jingle lagu kesukaannya. Terkadang bisa sampai terjungkal saking semangatnya bergoyang.

Sebenarnya saya sendiri tidak bisa bernyanyi. Saya masuk kelompok anak bersuara ‘fales’ selama di sekolah dasar. Bisa dibilang saya cukup trauma kalau sudah berurusan dengan bernyanyi. Nah setelah punya anak, secara naluriah saya mulai memberanikan diri menyanyikan nina bobo untuk anak. Itu pun dengan tatapan heran orang-orang sekitar mendengar suara ‘merdu’ saya. Ternyata anak-anak tidak sama seperti guru kesenian yang akan memvonis suara kita yang cempreng. Mereka bisa menikmati apapun kualitas suara Mamanya. Tidak perlu bersuara seindah Krisdayanti menyanyikan lagu “Timang-Timang Anakku Sayang”  untuk percaya diri bernyanyi bersama buah hati kita. Santai saja lah bernyanyi bersama anak, walau suara kita pas-pasan.

Bernyanyi itu penting bagi Balita. Bernyanyilah dimana saja bersama si kecil. Sambil naik kendaraan. Sambil berjalan ke tukang sayur. Sambil mandi. Tapi jangan sambil makan, nanti keselek. Bernyanyi bisa membantu mereka melewatkan waktu dengan menyenangkan.

Selain itu, bernyanyi merupakan salah satu cara menggunakan bahasa. Bernyanyi membantu anak untuk fokus pada kata-kata dan artinya. Semakin sering kita bernyanyi dan berbicara pada anak, otaknya akan semakin berkembang. 

Bernyanyi juga bisa merangsang kreatifitas anak. Cobalah untuk mengganti lirik lagu yang biasa anak kita nyanyikan. Misalnya yang paling umum lagu "Satu-satu aku sayang ibu".

Satu-satu (nama anak) sayang ibu (atau panggilan yang biasa anak sebutkan)
Dua-dua (nama anak) sayang ayah
Tiga-tiga sayang (nama adik atau kakak)
Satu dua tiga (nama anak) sayang semuanya.

Nah ketika bernyanyi, bisa juga ditambahkan gerakan-gerakan yang berulang. Sekalian untuk melatih koordinasi fisik anak. Misalnya dengan melompat dan menggerakkan tangan serta kakinya. Atau kalau Anda bingung, suruh saja mereka mengarang gerakan sendiri. Dan siap-siap terpesona melihat kemampuan mereka yang terkadang bisa sangat ajaib.

Salah satu lagu yang menarik untuk belajar membaca adalah lagu ABC. Ada yang versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Lagu ini juga seru untuk agak diubah-ubah liriknya.

A – Be –Ce –De – E – eF – G ... mari kita belajar mengeja ABCD

Akang berhasil menciptakan versinya sendiri:

A – Ba – Ca – Da  – A  –  aF – Ga....

Kemudian diubah lagi dengan ke 4 vokal yang lain yaitu e, i , u, dan o.  Nah bisa sekalian mengajarkan membaca anak kan?

Pada dasarnya memang kreatifitas para Mama yang penting untuk bisa mengoptimalkan kecerdasan buah hati kita tercinta. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman. Mari kita berbagi pengalaman untuk mencerdaskan Anak Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar